Cara pencucian batik yang benar agar batik tetap bagus

img_0207

Batik merupakan warisan budaya bangsa, jadi wajib harus kita lestarikan agar tetap terus exist walaupun terjadi perubahan perkembangan jaman. jenis batik ada tiga macam antara lain : batik printing, cap dan tulis. dalam mejaga agar batik kita tetap bagus dan awet dalam proses pencucian batik kita harus diperhatikan, jangan asal mencuci batik karena kesalahan dalam pencucian akan mengakibatkan warna batik koleksi kita akan mudah pudar. ada beberapa cara agar koleksi batik kita warnanya tetap bagus :

  1. cuci batik anda tanpa menggunakan mesin cuci yaitu dengan cara manual menggunakan tangan cukup dengan di kucek, karena jika kita menggunakan mesin serat dan warna batik akan mudah rusak.
  2. jangan menggunakan deterjen dikarenakan deterjen mengandung bahan – bahan kimia yang bersifat keras yang dapat mengikis pewarnaan pada batik. sebaiknya menggunakan lerak atau sabun khusus untuk mencuci batik, ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan shampo atau sabun mandi dimana kandungan zat kimianya tidak sekeras deterjen untuk mecuci pakaian.
  3. jangan memeras pakaian yang telah selesai di cuci karena akan membuat kain batik cepat rusak. cukup kita gantung setelah selesai di cuci.
  4. jangan menjemur pakaian di bawah terik matahari langsung karena akan merusak warna dan tekstur batik. solusinya yaitu dengan menjemur di tempat yang teduh dengan cukup di angin – anginkan saja, cara ini lebih lama keringnya akan tetapi koleksi batik kita akan tetap awet dan menarik.
  5. lapisi batik dengan kain saat menyeterika, karena tanpa dilapisi kain panas seterika akan kontak langsung dengan batik yang menyebabkan tekstur dan warna batik akan cepat rusak.