Motif – Motif Batik Untuk Menghadiri Acara Pesta

sekar-jagad
  1. Motif Sekar Jagad

Batik bermotif sekar jagad ini merupakan batik dengan bunga – bunga besar yang melambangkan ungkapan cinta kasih dan memelihara unsur – unsur perdamaian. Sehingga seringkali batik motif sekar jagad ini di kenakan dalam menghadiri acara pesta pernikahan. Dengan mengenakan motif sekar jagad atau bunga dunia di harapkan mempelai berdua di kemudian hari akan hidup dalam keserasian baik dengan sesamanya atau dengan lingkungannya.

  1. Motif Wirasat

Dalam motif wirasat ini terdapat beberapa kombinasi antara ciri dari motif sidomukti, sidomulyo, sidoluhur dan motif truntum didalamnya. Motif ini melambangkan kedua orang tua akan selalu memberi nasihat dan menuntun kedua mempelai dalam mengarungi bahtera ruah tangga. Wirasat yang berarti lambang atau simbol. Kain batik wirasat sering di kenakan oleh orang tua pengatin mempelai putri hal ini mempunyai harapan agar keluarga pengantin dan mempelai berdua akan selalu dapat hidup rukun. Motif wirasat ini juga merupakan pengembangan dari motif sido mulyo yang isinya terdiri dari bermacam – macam motif batik antara lain : motif cakar ayam,truntum, sido luhur, dan sido mulyo. Makna motif ini supaya dikabulkan semua permohonannya terpenuhi segala materi dan dapat mencapai kedudukan tinggi dan juga supaya medapat petunjuk jalan terang dan lurus.

  1. Motif Ceplokan

Motif ceplokan ini penuh dengan ornamen daun pepaya yag diselingi diantaranya dengan lukisan semacam burung dengan bayangannya. Motif ini secara umum mempunyai makna timbal balik. Yang digambarkan wajah atau tingkah laku seseorang yang berubah – ubah dan kadang diselingi bersembunyi di balik figur yang lain. Motif ini juga digambarkan untuk mengingatkan pemakaianya agar sadar bahwa seseorang harus membuang sifat buruknya dan jangan suka bertingkah berubah – ubah karena dengan tingkah laku tersebut akan menemuai banyak rintangannya.